5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Cara Mencegah Bau Mulut - Memiliki bau mulut yang tidak sedap merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Pasalnya bau mulut yang tidak sedap membuat kita sedikit minder dan selalu menjaga jarak saat berbicara dengan sesama apalagi bila seseorang yang kita ajak bicara tidak betah dengan bau mulut kita. Pasti mereka akan menjauhi kita dengan berbagai alasan tertentu. Nah, pada bulan puasa yang penuh berkah ini, pasti nafsu makan kita lebih besar ketimbang dihari-hari dan bulan-bulan yang lain. Sehingga kebanyakan ada yang tidak terkontrol untuk menseleksi makanan-makanan yang dapat membuat bau mulut kita menjadi tidak sedap.

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa
Cara Mencegah Bau Mulut
Untuk itu perlu adanya pembatasan makanan jenis tertentu yang mana dapat membuat mulut menjadi berbau tidak sedap. Selain itu juga ada beberapa langkah untuk mencegah bau mulut saat berpuasa yang bisa anda baca pada postingan dibawah. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan karena cukup simple dan tidak terlalu rumit. Dengan melakukan cara ini anda akan terhindar dari bau mulut yang tidak sedap saat menjalankan puasa di bulan ramadhan yang penuh berkah ini. Yuk silakan simak cara mencegah bau mulut saat berpuasa sebagai berikut :

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

1. Meminum teh hijau tanpa menggunakan gula
Sebab teh hijau memiliki kandungan zat polyphenol yang berfungsi untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Dengan cara tersebut anda akan terhindar dari bau mulut yang kurang sedap.

2. Hindari makanan yang berbau menyengat
Makanan yang berbau menyengat dapat membuat mulut kita menjadi berbau kurang sedap. Makanan tersebut contohnya bawang putih, pete, jengkol, durian, dan makanan yang lain yang mengeluarkan bau menyengat. Untuk itu bila anda ingin terhindar dari bau mulut yang kurang sedap, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut.

3. Perbanyak minum air putih
Usahakan perbanyak meminum air putih saat berbuka maupun sahur. Sebab, air putih dapat meningkatkan produksi air liur dan mencegah mulut kering. Apalagi ketika bulan puasa.

4. Tidur secukupnya
Kurangi tidur terlalu lama, sebab tidur terlalu lama dapat menyebabkan mulut menjadi berbau kurang sedap. Mungkin hal inilah yang sering terjadi pada anda. Jadi, usahakan tidur secukupnya.

5. Olahraga ringan
Nah, dengan olahraga anda akan menjadi lebih segar. Selain itu dengan olahraga juga dapat membuang zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau nafas yang kurang sedap.

Itulah beberapa tips yang telah saya kutip dari akusehatku.com mengenai cara mencegah bau mulut saat berpuasa. Cara diatas akan berhasil bila anda benar-benar melakukannya dengan sungguh-sungguh. Kebanyakan orang-orang sulit untuk menghindari mengonsumsi makanan yang berbau menyengat. Untuk itu perlu adanya niat dari dalam diri anda agar bisa menahan nafsu demi membuat mulut menjadi tidak berbau kurang sudap.